CARA MEMBUAT GARIS REGRESI LINEAR PADA DIAGRAM PANCAR (SCATTER DIAGRAM)

Assalamualaikum,,
Selamat pagi sahabat blogger,, Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan melihat pagi yang indah ini.
Kemarin saya dapat tugas dari dosen mata kuliah statistik dan probabilitas tentang Regresi, salah satu point pertanyaannya adalah disuruh buat Diagram Pancar (Scatter Diagram), diagram pancar ini adalah langkah pertama dalam menganalisis antar relasi. Namun pada kesempatan kali ini saya tidak membahas apa itu regresi dan korelasi, tetapi lebih ke cara membuat garis regresi linear pada diagram pancar. Baik langsung saja berikut cara membuat garis regresi linear pada diagram pancar melalui Microsoft Excel 2016, saya menggunakan Microsoft Excel terbaru, untuk versi yang dibawahnya tidak jauh beda dengan veri yang saya pakai ini. Hanya tampilannya saja yang sedikit lebih modern (material design) dan lebih ringan dari generasi pendahulunya. Langkah-langkahnya :


1. Buat tabel seperti dibawah ini, blog data kolom B dan C, lebih jelasnya data X dan data Y. Lalu geser ke Menu Bar klik Insert lalu klik Scatter

2. Kemudian di menu bar Design klik Quick Layout dan pilih Layout 9. Untuk Axis Title yg horizontal ganti ke X dan yang Axis Title yang vertikal ganti ke Y. Sampai disini kita sudah selesai membuat diagram pancar regresi linearnya. Selanjutnya bisa di edit dengan selera masing-masing mau pakai model yang gimana dan warna apa.


3.  Dan ini hasilnya.
Terima kasih :)

0 Response to "CARA MEMBUAT GARIS REGRESI LINEAR PADA DIAGRAM PANCAR (SCATTER DIAGRAM)"