Cara Mudah Memasukkan File AutoCad ke dalam SketchUp



1.Klik menu File > Import  (akan muncul kotak dialog impor)


2.    Dibagian Files of type: ganti menjadi AutoCAD 2. Files (*.dwg, *.dxf)




3.    Pilih file yang diinginkan pada folder penyimpanan
4.    Klik Options akan muncul kotak dialog Import Autocad DWG/DXF Options atur scale pilih sesuai unit yang Anda inginkan. Saya biasa menggunakan centimeters kemudian klik OK


5.    Tunggu beberapa detik akan muncul kotak dialog Import Progress.. lama loading ini tergantung pada besar kecilnya ukuran file yang di import kemudian akan muncul kotak dialog Import Result klik Close



6.    Sampai tahap ini proses import file cad ke skecthup sudah selesai, tetapi anda belum bisa memPush gambar ini, supaya bisa memPush gambar yang sudah terimport ini , anda harus menarik garis ulang bisa pakai Line, Rectangle untuk bentuk kotak dan lainnya. Baru bisa di PUSH.





Permaslahan yang sering muncul :
1.    Tidak ada pilihan AutoCAD 2. Files (*.dwg, *.dxf) pada kotak Files of type: (langkah 1). Hal ini bisa terjadi karena anda menggunakan SketchUp versi free, solusinya adalah anda harus menginstall SketchUp Pro.
2.    Skala gambar hasil import ke Sketchup tidak sesuai seperti di Autocad, ini terjadi karena anda lupa mengubah Scale pada options (langkah 4). Default unit pada saat pertama kali kita mengimpor  adalah inches, sehingga menjadi tidak sesuai jika gambar Cad yang anda buat menggunakan skala metric. Solusinya adalah dengan mengimpor ulang dan pebaiki Option Scale tersebut
3.    Bila terdapat object-object yang tidak di inginkan masuk ke dalam SketchUp, anda dapat meremove object tersebut dengan double klik pada komponen hasil impor tsb atau bisa juga dengan cara klik kanan pada object hasil import, kemudian baru memiih object-object yang tidak dibutuhkan untuk dihapus.
4.    Jika terjadi kegagalan pada proses loading import, itu bisa terjadi karena file Cad terlalu besar sedangkan spesifikasi komputer/laptop minim. Solusinya adalah dengan mengUpgrade RAM laptop minimal 4GB. Jika hal ini masih saja terjadi, saran saya anda harus membeli laptop baru dengan spesifikasi tinggi.


Demikianlah trik kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar dibawah ini dan jika ada yang ingin ditanyakan secara pribadi silahkan hubungi saya melalui tab menu Contact Me diatas. Terima kasih dan sampai jumpa di trik-trik iQbal selanjutnya.

3 Responses to "Cara Mudah Memasukkan File AutoCad ke dalam SketchUp"

Kyndaerim mengatakan...

Thanks for the great post !

Admin mengatakan...

Lihat selengkapnya info Daihatsu Denpasar dan Toyota Medan

Admin mengatakan...

Tanya Veronika Asisten Veronika adalah layanan digital berbasis chatting untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengecek sisa kuota Internet, pembelian pulsa, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, hingga pembelian paket atau mengakses informasi sesuai kebutuhan pelanggan, baik tentang produk dan juga layanan Telkomsel. Selengkapnya: Tanya Veronika Asisten Virtual.
-
Porangbali.id adalah situs web Petani Porang Bali, Komunitas Perkumpulan Petani Porang Bali. Info Budidaya Porang, Harga & Jual Bibit Porang di Bali.
-
Dapatkan Info Harga Toyota Medan terbaru dan Promo Toyota Medan terbaik, serta layanan pembelian mobil Toyota Medan secara online maupun offline di Toyota Perintis Medan. Proses pembelian mobil Toyota idaman Anda akan dilayani oleh Sales Toyota Medan terbaik, ramah, berpengalaman dan profesional dalam melayani setiap pelanggan Toyota Medan dan sekitarnya.
-
Banyumas Dewata Wood and Furniture Shopping in Bali, Jual Furniture di Bali.
-
SEOTren adalah SEO agency Indonesia, SEO specialist, melayani jasa SEO murah, jasa SEO terbaik, jasa SEO handal dan profesional, basis operasional di Denpasar, Bali. Jasa SEO bulanan bergaransi ranking website di halaman #1 Google, mendukung situs web bisnis Anda agar terhubung dengan pelanggan potensial secara organic keyword melalui mesin pencari Google.
-
Ebadi Indonesia Adalah digital marketing agency Bali dan creative design, basis operasional di kota Denpasar, Bali, Indonesia. Merupakan brand bisnis layanan digital yang akan terus tumbuh dan berkembang bersama bisnis Anda di era digital. Mendukung brand bisnis Anda grow bersama Ebadi, menjangkau pelanggan potensial lebih luas, meningkatkan efektifitas dan efisiensi biaya promosi. Kami menghadirkan fleksibilitas dan kemampuan dalam menciptakan good persepsi terhadap bisnis Anda serta meningkatkan brand awareness. Mulai dengan Ebadi!