Download Software Untuk Mengecek Kerusakan Keyboard

Akhir-akhir ini saya banyak menemui kerusakan pada keyboard laptop, baik itu tombol yang menekan terus ataupun ditekan tapi huruf atau perintah yang dimaksud tidak keluar. Ciri lain dari kerusakan keyboard (untuk keyboard menekan terus) adalah saat pertama kali laptop dihidupkan akan terdengar bunyi "tiiit" berulang-ulang (red:untuk kondisi layar masih bisa menampilkan gambar,kerusakan pada RAM, VGA, Motherboard dll juga akan terdengar bunyi "tiit" tapi layar hitam/tidak menampilkan gambar).


Secara logika cobalah pada kondisi keyboard normal saat menghidupkan komputer tekanlah salah satu tombol keyboard tanpa dilepas, bunyi yang sama juga akan terdengar. Jadi kesimpulannya bunyi "tiit" tersebut terjadi karena tombol keyboard menekan terus tanpa kita tekan. Hal ini terjadi karena lapisan tembaga antar kedua permukaan lembab atau terlalu menempel. Sehingga kedua lapisan yang harusnya baru bisa menempel jika ditekan, maka akan menempel terus, dan mengakibatkan tombol tertentu layaknya seperti kita tekan.

Jika tombol yang bermasalah adalah tombol huruf, angka atau karakter tertentu, hal ini dapat diketahui waktu kita menggunakan aplikasi untuk mengetik. Akan tetapi jika yang bermasalah adalah tombol Fungsi (F1,F2,..dsb) maka akan sangat sulit di deteksi. Solusi untuk mengetahui tombol mana yang bermasalah salah satunya adalah menggunakan software PassMark Keyboard Test. berikut ini adalah penampakan dari sofware tersebut.
PassMark Keyboard Test
Tampilan PassMark Keyboard Test
Pada software tersebut, keyboard yang sudah ditekan akan berwarna hijau, berarti tombol tersebut normal. Dan ketika tombol ditekan akan berwarna merah. Akan tetapi jika salah satu tombol berwarna merah terus tanpa ditekan, berarti tombol tersebut bermasalah (menekan sendiri).

Bagi yang berminat silahkan mendownload keyboard test portable dari link di bawah ini


0 Response to "Download Software Untuk Mengecek Kerusakan Keyboard"