Cara Mudah Menginstall Bahasa Indonesia di Android



Beberapa hari lalu saya iseng2 coba upgrade smartphone android Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H dari Os KitKat 4.4.4 ke OS Lolipop 5.0.2 yang saya download disitus resmi sammobile.com ternyata belum ada firmware Lolipop utk region Indonesia. Saya cari-cari yang ada hanya untuk region India dan Russia. Pilihan saya jatuh pada firmware Lolipop region Russia. Langsung saya download firmwarenya dan saya install pake aplikasi Odin di PC. Dan alhamdulillah berhasil, lalu saya nyakalan dan muncul bahasa Russia, saya sempat panik dan setelah saya klik next2 hingga muncul tampilan HomeScreen juga bahasa Russia. Saya klik Pengaturan Bahasa ternyata tidak ada pilihan Bahasa Indonesia, untuk sementara saya pakai bahasa international bahasa Inggris. Saya searching di group fb kata teman sesama anggota group ternyata memang tidak ada pilihan bahasa indonesianya, kalau mau bahasa Indonesia harus tunggu sampai dibuatkan firmware Lolipop untuk region Indonesia. Tetapi saya tidak patah semangat saya terus mencari kesana kesini hingga dapat disebuah blog di mbah gugel dan saya sangat bersyukur Alhamdullillah. Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah Android tsb harus sudah berstatus Root. Cara ngeroot android akan saya bagikan dikemudian hari :D .  Juga ada pengalaman teman saya mendapat hadiah kiriman Smartphone Android Samsung Galaxy Ace 4 dari Malaysia. Dimana di hp tersebut juga tidak ada pilihan bahasa Indonesianya.  Ini bisa diubah dengan uprgade atau install ulang Os androidnya memakai vendor Indonesia yang bisa didapatkan dimasing2 situs merk Android tsb. Untuk samsung ini situsnya www.sammobile.com lalu bagaimana kah caranya? Apa nama aplikasinya? Dimana saya bisa mendapatkan aplikasi tsb? Akan saya lanjutkan dibawah ini.
Ada dua cara supaya smartphone tsb bisa diinstal bahasa Indonesia : 
1. Dengan mengUpgrade ke firmware region Indonesia
2. Dengan menginstall aplikasi (smartphone berstatus root)

Namun di artikel kali ini saya akan membahas cara install bahasa indonesia di android dengan menggunakan aplikasi. Aplikasinya ada di Google Plays Store.
Bahan-bahan yang diperlukan :
1.  Smartphone Android merk apa saja
2.  Hp legal bukan barang curian :D
3. Kouta Internet 20MB cukup
4. Aplikasi Set Locale and Language dan Morelocale 2 (ada di Play Store)
5. Rokok, kopi, snack dan lainnya kalo perlu disediakan silahkan :D
Dan berikut langkah-langkahnya :

Dengan aplikasi Set Locale and Language
1.       Unduh dan install aplikasi tsb pada perangkat android anda, kemudian buka.


2.       Gulir kebawah sampai ketemu tulisan Indonesia. Ada dua pilihan klik satu persatu dan selesai.


Dengan aplikasi Morelcale 2
1.       Unduh dan install aplikasi tsb pada perangkat android anda, kemudian buka.


2.       Lalu pilih bahasa Indonesia (yang dikehendaki)



Demikianlah cara mudah yang paling mudah yang dapat anda gunakan untuk menambah bahasa di smartphone kesayangan anda tanpa harus membawa ke tempat service yang menguras sedikit isi dompet anda. Sampai jumpa di trik-trik selanjutnya.
Terima kasih.

Atau tonton dalam bentuk video :


Baca juga : Cara Ampuh Dapatkan Pulsa Gratis di Android mulai Rp5000 sampai dengan Rp50000 dalam Waktu Kurang dari 1 Jam

0 Response to "Cara Mudah Menginstall Bahasa Indonesia di Android"