Cara Mudah Membuat Android Menjadi Remote PC/Laptop

Cara ini mungkin sudah banyak yang share disana dan disini. Nah, kali ini saya akan share juga, namun dengan cara yang lebih mudah dipahami. Membuat Android bisa menjadi remote/mengontrol PC/Laptop itu menjadi satu hal yang bisa terbilang keren.

Trik ini sangat berguna untuk sobat yang biasa presentasi Powerpoint, atau presentasi atas hal apapun. Dengan cara ini sobat tidak perlu repot-repot didepan laptop hanya untuk membuka satu atau dua window atau menjalankan aplikasi, bahakn memudahkan sobat mengganti slide presentasi sobat. Gimana..? Sobat tertarik dengan trik ini, mari kita coba.


Berikut beberapa syarat yang harus sobat persiapkan.


  1. Harusnya sobat sudah punya Android.
  2. Memilik Laptop atau Komputer yang memiliki Bluetooth, karena cara ini masih menggunakan Bluetooth. Kalau mau pakai wifi sobat harus membeli versi full aplikasinya nanti.
  3. Download Aplikasi Android Remote PC disini (Didownload dan install dari Android sobat) Nama aplikasinya BT Remote PC, sobat bisa mendownloadnya langsung dari Play Store.
  4. Download Aplikasi Android Remote PC disini (Didwnload dan install dari laptop atau Pc sobat) Nama aplikasinya Remote PC Server.

Setelah semua itu sobat persiapkan dan install di masing-masing perangkat, dan sebelum ini kita lanjutkan usahakan Bluetooth Android sobat sudah tersanding dengan baik ke Blutooth PC, dan sudah bisa saling transfer file via bluetooth, baik dari Android ke PC maupun sebaliknya. 

Oke mulai operasinya, pertama sobat buka aplikasi BT Remote PCnya. Pada aplikasi ini hanya disediakan koneksi melalui Bluetooth, kalau sobat mau yang via wifi beli aja yang full versi dengan klik yang sebelahnya itu. hihi

Nah, selanjutnya sobat akan menemui tampilan seperti biasa yang menunjukkan perangkat bluetooth yang tersanding dengan Android sobat. Pilih yang bluetooth dari Laptop sobat. 

Sampai sini, sobat sudah berhasil membuat Android sobat dengan Laptop sobat saling kenal satu sama lain. Selanjutnya kita masuk kebagian intinya yaitu mencoba fitur dari aplikasi ini, yang kurang lebih seperti berikut ini.



Fungsi masing-masing fitur aplikasi ini saya rasa sobat sudah taulah yah. Tapi saya tuliskan aja deh biar gak ada yang kurang dalam artikel ini. Saya buat sesuai dengan No. pada gambar diatas yah.

  1. Mouse - Agar sobat bisa mengontrol Kursor pada laptop sobat, guna membuka beberapa aplikasi atau apapun itu. Untuk lebih lanjutnya bisa dicoba sendiri yah.
  2. Multimedia - Disini sobat bisa mengontrol fungsi dari Windows Media Player. Jadi kalau mau mengganti lagu atau MP3 tinggal buka Windows Media Playernya setelah itu bisa sobat ganti atau mematikan lagunya dari fitur ini.
  3. Presentation - Nah ini yang paling penting sobat uttuk yang sering presentasi dikantor ataupun disekolah, untuk presentasi ini yang perlu dilakukan adalah buka file presentasinya, terus sobat bisa deh full screen preview dengan fitur ini, atau hanya mengganti slidenya.
  4. Power - Disini sobat bisa mematikan laptop sobat dari fiur ini. Atau bisa juga mengunci, restart juga, bahkan standby mode.

Untuk lebih jelasnya sobat bisa mencobanya sendiri yah. Nggak susah kok, kalau masih bingung atau ada kendala bisa sobat tanyakan pada kolom komentar, atau hubungi saya secara langsung. Cara ini lebih hemat dari pada harus membeli alatnya di toko komputer kan, lebih baik memanfaatkan Smartphone kita sendiri. Semoga bermanfaat :)

0 Response to "Cara Mudah Membuat Android Menjadi Remote PC/Laptop"