Cara Ampuh Meningkatkan Kapasitas RAM Pada Komputer atau Laptop Tanpa Mengeluarkan Biaya


RAM (Random Access Memory) salah satu faktor yang mampu mempengaruhi kecepatan dari proses saat anda menjalankan perangkat lunak di komputer atau laptop anda. Semakin kecil RAM yang anda gunakan maka akan semakin berat atau lambat anda mengakses perangkat lunak anda. Sebaliknya, semakin besar kapasitas atau ukuran RAM maka program yang dijalankan bisa semakin banyak dengan lancar. RAM Komputer atau Laptop biasanya berukuran 1GB hingga 32GB, sekalipun ada yang lebih itu adalah hasil rakitan.

Untuk agan yang merasa komputernya hanya memiliki RAM kecil dan  ingin memainkan game berat tanpa lag, saya punya sebuah trik menambah kapasitas RAM dengan mudah tanpa mengeluarkan uang serupiah pun. Metodenya adalah kita mengambil sedikit bagian Hard Disk (HDD) untuk dijadikan RAM virtual. Ada satu cara lagi yaitu dengan menggunakan FlashDisk, alasan kenapa tidak menggunakan FlashDisk cukup simple, yaitu ribet karna harus cabut pasang FlashDisk. Sedangkan dengan metode menambah RAM virtual dari HDD ini bersifat permanen. 


Trik ini saya lakukan di Windows 7, untuk Windows 8 dan 10 juga bisa.
  1. klik Start > klik kanan Computer > Properties

2. kemudian klik  Advanced System Settings


3. Pada tab Advanced ,klik Settings...
4. Pada tab Advanced yang selanjutnya, klik Change...

5.  Uncheck Automatically manage paging file size for all drivers.






Pilih partisi HDD yang ingin dijadikan memori RAM virtual (disarankan memilih partisi drive yang mempunyai banyak space). Pada gambar diatas. Local Disk E : 181829 MB, saya akan mengalokasikan 4000 MB (Initial Size) dan 8000 MB (Maximum Size). Kemudian klik Set dan klik OK. Restart komputer.

Coba jalankan aplikasi yang berat, setelah mengatur virtual RAM pasti akan lebih ringan dijalankan.

Terima Kasih.




0 Response to "Cara Ampuh Meningkatkan Kapasitas RAM Pada Komputer atau Laptop Tanpa Mengeluarkan Biaya"